27/08/2015

Banting Kemudi (Strike at the Helm) Pertemuan Pertama Tingkat Menteri Siklus Baru Revolusi Bolivarian (3)



oleh  Hugo Chávez  

Diterjemahkan [ke dalam bahasa Inggris] oleh Jamie Weiss

Tulisan ini sambungan dari artikel sebelumnya 
http://amerikalatin.blogspot.com/2015/08/banting-kemudi-strike-at-helm-pertemuan.html, dan
http://amerikalatin.blogspot.com/2015/08/banting-kemudi-strike-at-helm-pertemuan_25.html

Diterjemahkan [ke dalam bahasa Indonesia] oleh Nemo Nobo

SEBUAH OTO-KRITIK YANG MEMPERJELAS

17.   Kini tentang kritik kepada diri sendiri,  oto-kritik.   Dalam banyak kesempatan aku telah mendesakkan ini.  Aku telah membaca [laporan-laporan],  dan ini amat bagus dan dikerjakan dengan baik,  aku tak meragukannya,tetapi :di manakah komunenya ?Mungkin komune itu cuma buat Kementerian Komune (Ministry of the Communes) ? Aku telah sering memikirkan ini,  aku akan menghapuskan Kementerian Komune.  Kenapa ?  Karena banyak orang berpikir, bahwa [hanya]  Kementerian inilah yang menangani [segala urusan] komune-komune.

18.  Ini adalah sebuah kesalahan serius yang sedang kita buat.  Kita takkan mengomentarinya lebih jauh.  Kita akan mengubahnya.  Aku telah menandatangani sebuah keputusan untuk menciptakan sebuah lembaga yang superior terhadap komune-komune.  Tapi lalu di mana lembaga ini ?  Dia tak menjalankan fungsinya.

19.   Nicolás, aku mempercayakan kepadamu pekerjaan ini, sama seperti aku mempercayakan hidupku kepadamu : komune-komune,  penegakan hukum dan sistem peradilan.3Sudah ada sebuah Undang-Undang tentang Komune-Komune, tentang perekonomian komunal. Karena itu, bagaimanakah kita akan mewujudkannya....?

20.   Aku mengajukan pertanyaan yang sama di Ciudad Caribia:  Di manakah komunenya,  bukan, bukan cuma [satu] komune,  melainkan komune-komune, banyak komune ?  Di manakah akan kita ciptakan komune-komune,  komune-komune yang baru ?  Dan di Ciudad Belén, kita terus membangun perumahan, tapi kita tak menemukan komune di mana pun,  bahkan spiritnya pun tidak,  padahal dia pada saat ini jauh lebih penting daripada komune itu sendiri : komune kebudayaan(cultural commune).  Mengertikah kamu ?  Haruskah aku terus berkhotbah di alam liar untuk hal-hal seperti ini ?  Semua kita di sini adalah sebuah bagian dari ini, kita semua, mulai dari aku, Presiden Republik ini;  di sini di Miraflores seharusnya sudah ada sebuah komune.  Kita semua adalah sebuah bagian dari ini;  ini adalah bagian dari roh pekerjaan ini.

21.   Oto-kritik digunakan untuk memperjelas,  bukan untuk omong kosong, seakan-akan kita melontarkan kritik ke ruang hampa.  Dia digunakan supaya kita bisa bertindak sekarang, Nyonya-nyonya dan Tuan-tuan, para Menteri.Komune-komune mengamanatkan kepada kita untuk mencari Undang-Undang tentang Komune-Komune tersebut, agar kita membacanya, dan mempelajarinya.Banyak orang, aku yakin, dan aku belum tentu bicara tentang kalian yang ada di sini,  belum membacanya, karena dianggap Undang-Undang itu tidak penting bagi kita. Banyak orang bahkan belum membaca Undang-Undang tentang Perekonomian Komunal karena mereka percaya bahwa Undang-Undang itu tak ada kaitannya dengan dirinya.

22.   Kau boleh bertanya,  yang manakah dariyang disebut komune-komune itu yang saat ini sedang dibangun ?  Aku yakin bahwa komune-komune itu tidak ada dalam mayoritas proyek-proyek yang sedang kita kembangkan,  baik yangberskala kecil, sedang, atau besar :  dari perumahan, penciptaan kota-kota dan pusat-pusat baru pengembangan sains dan agrikultur,  seperti di Dataran Maracaibo,  di municipality Mara,  bahkan di negara bagian Sucre,  tempat pabrik pengolahan sardin yang besar yang baru saja kita buka  [sebuah pabrik besar],  bahkan di perusahaan-perusahaan kaca yang kita sita, la Faja de Orinoco [the Orinoco Belt],  komune-komune itu tidak ada.  Di mana akan kita cari mereka ?  Di bulan?  Atau di Jupiter?   

23.   Kawan-Kawan,  ijinkanlah aku selugas mungkin,  dan aku memang harus lugas,  mengenai oto-kritik tentang tema ini.  Rafael Ramírez, misalnya, seharusnya sudah memiliki sekitar 20 komune di dalam PDVSA,  di Faja de Orinoco,  tetapi PDVSA tak percaya bahwa komune-komune itu ada urusannya dengan mereka.  Masalahnya adalah masalah kultural, Kawan-Kawan.  Dan aku menyebutkan PDVSA dengan mengakui sepenuhnya kehebatan industri besar ini.

24.  Komune-komune. Aku bahkan pernah  meminta Carmen Meléndez membuat... aku tak ingat berapa banyak...  copy dari tulisan-tulisan Mao Zedong  tentang komune  dari buku merah kecilnya.  Sekarang aku ingin membuat 30 copy  lagi,  untuk diberikan,  sekali lagi,  kepada tiap-tiap menteri.Tampaknya seakan-akan tak seorang pun pernah membacanya karena aku tak pernah menerima bahkan satu halaman komentar pun mengenai mereka.

25.    Kritik kepada diri sendiri,  oto-kritik : kemerdekaan atau ludas,  komune atau punah" ("either independence or nothing,  either the commune or nothing").  Atau apakah tepatnya, sebenarnya, yang sedang kita lakukan di sini ?  Dalam hal inilah kita butuh Misi Kebudayaan mengkonsentrasikan tembakannya, seperti artileri.

26.   Misi-misi mikro.*1 Spirit misi-misi mikro itu adalah untuk mengkonsentrasikan tembakan tersebut.  Coba seseorang ceritakan kepadaku :  berapa banyak menteri, yaitu kau,  Kawan-Kawanku yang baik, yang telah tidur di perkampungan selama tiga hari?  Ayo katakan kepadaku siapa yang telah melakukan itu.  Aku tak dapat memberikan contoh, betapa pun aku menghendakinya;  maaf, tapi aku tak bisa,  tapi kau dapat pergi ke sana, ke Caño Cuibarro untuk melihat yang sedang terjadi dengan proyek Indian Cuiba,  dan kau bisa tinggal di situ selama tiga hari,  atau berpencar di sekitar Sarria.  Seorang menteri dan seorang wakilnya bisa datang ke sana, berjalan berkeliling,  hidup di situ selama beberapa hari atau mereka bisa datang dari rumah ke rumah, dari ujung jalanan yang satu ke sudut jalanan yang lain. Ini seharusnya terjadi tidak cuma selama kampanye pemilihan umum.  Belumkah kau lihat jumlah kertas yang membombardirku,  yang masuk ke trukku ke mana pun aku pergi ?  Kini mereka menimpukkan kertas-kertas itu dengan batu,  agar bisa mencapaiku,  atau dengan anak panah; pernah ada sebuah panah dengan secarik kertas di ujungnya :  "Chávez,  tolonglah aku....".

27.   Begitulah,  komune,  kekuasaan rakyat,  tidak berasal dari Miraflores,  atau pun dari kantor Kementerian.  Bukan di sinilah masalahnya akan terselesaikan.

28.   Kita tidak percaya bahwa tugas kita telah selesai hanya karena kita akan membuka pabrik  Cemento Cerro Azul atau pabrik peralatan manufaktur industrial di Guanare,  atau pabrik komputer, atau pabrik satelit,  atau pabrik ini atau itu;  tidak,  tidak pula karena kita telah menasionalisasi industri semen.....

29.   Berhati-hatilah,  karena jika kita tidak mampu mewujudkan ini,  kita habis,  dan bukan cuma habis,  melainkan kita sendirilah yang akan menyebabkan hancurnya pekerjaan ini.  Kita yang berada di sini menghadapi sebuah tanggung-jawab historis.  Setiap kali kau pergi ke kamar mandi,  atau di mana saja ada sebuah cermin,  lihatlah wajahmu sendiri,  tataplah matamu sendiri. Aku akan menjadi orang pertama yang melakukannya.


 bersambung 

No comments: