05/11/2014

Upah Naik 15%, Pemerintahan Venezuela Maduro Luncurkan Bank Pekerja


Santa Elena de Uairen, 4 November 2014 (venezuelanalysis.com) – Pada hari Senin, Presiden Venezuela, Nicolas Maduro mengumumkan kesetujuannya atas proposal pekerja untuk menaikkan upah minimum sebesar 15% mulai 1 Desember. 
Upah baru tersebut mencapai 4,889 bolivars per bulan (US$776  nilai tukar rata rata untuk 6.3)

Ini menandai kenaikan upah untuk ke tiga kalinya pada tahun 2014, membuat upah minimum terbaru lebih tinggi 64.5% dibandin awal tahun ini. Meski demikian, angka upah ini berada di atas inflasi sebesar 63,4% dalam periode yang sama.
Nominal angka ditambahkan ke angka penyebut biasa digunakan untuk mengkalkulasi tiket makanan, yang secara mandatori diangkat oleh pengusaha dan biasa digunakan untuk transaksi cash di supermarket, meningkatkan akses pekerja pada barang-barang yang paling terkena dampak inflasi.
Angka nominal penyesuaiannya bertambah dari 0.5 UT ke 0.75 UT, yang mengkonversi upah menadi 95 bolivar (U$15) tiap hari untuk makanan.
Ukuran tersebut hadir sebelum musim liburan, dimana para majikan diwajibkan membayar 3 bulan upah di akhir tahun sebagai bonus.
Pada launching Hari Natal 2014 minggu lalu, ada rencana untuk mencocokkan strategi ekonomi untuk meningkatkan daya jangkau item kunci dan menstimulasi konsumsi produksi secara nasional dalam persiapan menuju liburan.

Sebuah komisi intelejen ekonomi, kemarin juga mengumumkan, sekarang akan mengiinkan tiga badan pemerintah yang memimpin kebiasaan, intelejen kriminal dan perdagangan (Seniat, Sebin, Cencoex, respectively), untuk berbagi informasi untuk melanjutkan upaya memerangi spekulasi, penimbunan dan aktivitas Maduro lainnya yang dijuluki “perang ekonomi”
“Perang ini sunyi, yang bisa menyebabkan kehancuran yang tersembunyi” Ucap Maduro. Kaum borjuis bersau, tersenyum, menelaskan bahwa model sosiali telah gagal, namun sementara mereka berada di bawah tambang, kita berada di atas, mengatasi hambatan” 
Pagi ini, hampir US$ 450 juta dollar, telah dialokasikan untuk 313 perusahaan dengan tingkat preferensial rata-rata sebesar 12 bolivar bila ditukarkan ke dollar, dalam sebuah upaya yang masih, untuk memberikan sumber daya yang cukup untuk memerangi kekurangan. Perusahaan yang 
combat scarcity. Perusahaan – perusahaan yang menerima dana tersebut pada dasarnya adalah para importir automobil dan komponen mobil , material bangunan,  importers of automobiles and car parts, construction materials, peralatan rumah, obat-obatan, dan produk kertas.

Bank Pekerja dan Kontrak Kolektif

Selama peristiwa kemarin, Maduro juga menandatangani sebuah peranjian yang mengimplementasikan sebuah komisi  untuk kontrak diskusi kolektif untuk administrasi publik pekerja.

Dokumen yang ditulis dan ditegaskan oleh kepenterian proses sosial peka, Jesus Martinez, presiden Federasi Nasional Pekera di sektor publik, Franklin Rondon dan wakil menteri perencanaan sosial, Lidice Altuye.
Sedangkan, Bank Bicentenary, dibentuk tahun 2009, penggabungan tiga bank yang dinasionalisasi, telah diserap oleh sebuah inisiatif yang disebut Bank Bisentenary untuk kelas pekerja Venezuela.

536 baru – baru ini memfungsikan agensi yang sekarang ini akan menawarkan layanan spesifik yang ditujukan seorang klien untuk mendapatkan upah minimum dan keluarganya, termasuk akun rekening tabungan. Bank Pekerja juga bermakna mengakselerasi tawaran untuk kredt rumah. 

Pemimpin Venezuela menuutup seremoni setelah menekankan data yang mengindikasikan rata-rata angka penangguran rata-rata yang paling rendah dan sudah berlangsung selama 40 tahun

No comments: