21/09/2012

Kelompok Hak Perempuan Presentasikan Proposal kepada Chavez untuk Dimasukkan Dalam Rencana Pemerintahan Chaves




Oleh  Rachael Booth 

Caracas, 14 September 2012 (Venezuelanalysis.com) – kelompok hak perempuan mempresentasikan seperangkat proposal kepada Presiden Venezuela, Hugo Chavez, pada hari Rabu sore dalam sebuah acara televisi, bertempat  di gedung teater Teresa Carreno di Caracas. Kelompok perempuan ini berharap proposal yang berhubungan dengan isu perempuan Venezuela akan dimasukkan ke dalam rencana pemerintahan Chavez untuk periode 2013 – 2019. 

Di depan kaum perempuan, Chaves berbicara tentang revolusi yang telah berlangsung melalui penerapan beberapa kebijakan yang bertujuan meningkatkan kondisi material perempuan Venezuela dan meningkatkan partisipasi politik mereka, khususnya mereka yang miskin. 
“Semua perempuan Venezuela memperoleh penghargaan terdalam dari ku ..tidak  pernah sebelumnya, sebuah pemerintahan memperlakukan perempuan Venezuela dengan bermartabat dan penuh penghargaan,” ucap kepala negara tersebut. 

Sang presiden juga secara ekstrim mengkritik kaum oposisi yang melakukan demonstrasi akhir minggu ini, yang kemudian dijuluki dengan “panty – a – thon” oleh pemimpin penyelenggara kampanye oposisi dalam pemilu. Acara ini diselenggarakan oleh para kandidat oposisi presiden, Capriles Radonski dan pendukung perempuan dan merupakan kesempatan bagi calon presiden untuk mengurai pandangannya tentang isu perempuan dan menanggapi keprihatinan mereka.  

“Kapitalisme telah mencoba memdistorsi perempuan, menjadi hanya sebatas simbol jimat dan simbol seksual. Beberapa saat lalu, aku meyakini bahwa kaum borjuasi Venezuela telah menyerang kaum perempuan dengan adanya peristiwa yang disebut “panty – a – thon”. Sungguh Kejam! Itu merefleksikan sikap mereka yang sesungguhnya, yakni sikap Chauvinis dan eksklusif,” Kata Chavez. 

Kelompok perempuan seperti “Runaway Collective” dan “Skirt in Revolution,” seperti perwakilan perempuan dari kelompok politik yaitu Front Petani Ezeqiel Zamora, semuanya menghadiri acara tersebut dan proposal itu ditujukan langsung kepada Chavez. Mayoritas kelompok ini menjadi bagian dari kolektif umbrela, “feminist spider” dan telah mengerjakan proposal tersebut selama lebih dari satu tahun. 

“Kami telah memperdebatkan hal ini ke seluruh penjuru negeri, dan kami mempertimbangkan program ini dan kerangka strateginya untuk menjadi vital bagi pendalaman dan keberlanjutan proyek emansipatori in, yang secara esensial merupakan bangunan dari sosialisme bolivarian. “ kata  Melissa Orellana, wakil dan juru bicara dari kelompok perempuan tani. 

Daftar proposal yang diajukan kepada presiden termasuk; distribusi konstrasepsi bagi lelaki dan perempuan secara bebas, pendidikan di sekolah negeri yang berperspektif kesetaraan gender, pembentukan dewan komunal berbasiskan pembebasan perempuan korban kekerasan dalam rumah tangga, peningkatan proyek komunal dalam hal pengasuhan anak dan “menjadikan pekerjaan domestik menjadi pekerjaan sosial” sehingga bisa memberikan waktu kepada perempuan untuk berpartisipasi secara penuh dalam aktivitas politik. Kaum perempuan juga menuntut regulasi yang mengatur pemanfaatan tubuh perempuan sebagai “barang dagangan” di media.  

Chave sekarang hendak mereview proposal dengan sebuah pandangan untuk melibatkan mereka dalam stretagi pemerintah berupa transformasi sosialis selama 6 tahun terakhir. Ia juga menyatakan bahwa pemerintah akan berkomitmen mendalami kesetaraan gender perubahan istilah jika ia terpilih kembal dalam pemilihan Presiden di bulan Oktober tahun ini. 

"Saya, sebagai seorang prajurit, akan siap membantu Anda untuk tetap memajukan proses ini bagi pembebasan perempuan ... Kita harus memulai proyek-proyek baru yang keluar dari kelompok perempuan terorganisir, "kata presiden.

Banyak kelompok perempuan, yang mengganggap dirinya sebagai feminis sosialis mengucapkan bahwa perubahan sosial dan perkembangan sosial dalam arena kesetaraan gender hanya akan mungkin bila Hugo Chaves terpilih kembali pada bulan Oktober.

No comments: