20/05/2013

“Bagian dari Transisi ke Sosialisme”: Berlakunya Hukum Perburuhan Venezuela


Oleh  Ryan Mallett-Outtrim
Merida, 10 Mei 2013 (Venezuelanalysis.com) – Hukum Perburuhan Venezuela yang baru bagi buruh (Lottt) berlaku minggu ini, menjamin jam kerja yang lebih pendek, cuti melahirkan yang lebih lama dan pensiun bagi seluruh rakyat Venezuela.
Pemerintah Venezuela menggambarkan hukum perburuhan ini sebagai “Hukum perburuhan yang paling maju di dunia”, Lottt mengurangi jam kerja seminggu dari 44 jam menjadi 40 jam dan memberikan dua hari libur dalam seminggu.


Saat hukum perburuhan ini berlaku pada hari selasa, menteri perburuhan Maria Iglesias menyatakan bahwa jam kerja yang baru adalah bagian dari proses menuju “Distribusi kesejahteraan yang adil”

Di hari berikutnya, Carabobo menyatakan bahwa Presiden komite urusan perburuhan Jose Joaquin Vargas memuji hukum tersebut sebagai bagian penting dari transisi dari “kapitalisme menuju sosialisme”, sedangkan pada minggu lalu, Wakil Presiden Federasi Nasional Pekerja Sektor Publik, Franklin Rondon menggambarkannya sebagai peristiwa yang historis.
 “Kami sedang berada dalam momen historis, dalam 14 tahun capaian yang kami raih untuk buruh jumlahnya sangat banyak.
Vargas juga mendesak para buruh untuk memastikan para pengusaha dan serikat buruh untuk bertindak sesuai dengan Lottt.
Selama 6 minggu ke depan, pemerintah akan melakukan inspeksi ke tempat kerja untuk memastikan  para pengusaha mematuhi peraturan yang baru. Meski para pengusaha sudah diinformasikan di awal tahun bahwa mereka perlu melakukan beberapa perubahan yang dibutuhkan mulai 7 Mei 2013, pada hari Selasa, Iglesias menyatakan bahwa inspeksi 6 minggu k depan akan menjadi “Korektif alamiah”. Pihak menteri memperingatkan bahwa hukuman akan dijatuhkan kepada para pengusaha yang gagal mematuhi Lottt setelah 15 Juni.
Walau demikian, para buruh siap melaporkan pelanggaran atas hukum yang baru. Di negara bagian Miranda, buruh pabrik daging pengolahan, Industrias Alimenticias de Corralito (Inacor)telah mengadukan pihak pengusaha. Seorang juru bicara buruh, Peggy Serrano, menduga pihak manajemen membuat serangkaian perubahan mengejutkan penjadwalan kerja  yang menekan buruh melakukan lembur paksa. 
Satu Dekade Pembuatan Hukum Perburuhan
Selama pembuatan jam kerja yang baru, Lottt melarang PHK semena-mena, outsourcing,, jaminan hak untuk bekerja bagi perempuan dan kaum difabel dan meningkatkan periode cuti hamil.
Di bawah Lottt, Venezuela sekarang adalah negeri dunia ketika yang memberikan cuti hamil paling lama. para ibu diberikan hingga 6 minggu cuti sebelum melahirkan dan 20 minggu setelah melahirkan. Para ayah juga diberikan cuti selama 2 minggu. Di bawah hukum perburuhan ini, kondisi ini juga diberlakukan sama bagi para orang tua yang memiliki anak adopsi di bawah usia 3 tahun.
Semua buruh sekarang juga diberikan pensiun, termasuk bagi ibu full time dan ibu single.
Lottt adalah hasil dari pendiskusian hampir satu dekade di dua dewan nasional dan gerakan buruh.
Ketika ia menyetujui hukum perburuhan ini di bulan April yang lalu, presiden sebelumnya, Hugo Chavez menyatakan “Lebih dari 200 tahun dalam sejarah Republik aku sangat yakin bahwa tidak pernah ada sebuah hukum perburuhan... yang melalui perdebatan begitu lama seperti hukum perburuhan yang satu ini”
Dipublikasikan pada 10 Mei 2013

No comments: