11/02/2009

Venezuela tak akan menghentikan kemajuan ekonominya

January 27, 2009

Presiden Venezuela, Hugo Chávez, mengatakan pada hari Senin, 26 Januari, bahwa ia tak peduli berapapun harga minyak—yang terus menerus turun—ia tak akan menghentikan kemajuan sosialnya atau pun proyek-proyek yang sudah mulai berkembang.

Inilah pemerintah yang paham dengan baik apa yang sedang dikerjakannya,” menurut kepala Negara Venezuela itu di istana kepresidenan Miraflores selama pertemuan dewan meneteri, yang disiarkan oleh TV milik pemerintah Venezolana de Televisión dalam program perbincangan (talk show) Dando y Dando.

Ia menekankan tentang berkah dari upaya-upaya yang diterapkan di negerinya sejak 2008, yang memperhitungkan sumberdaya alam yang diperlukan bagi Proyek Nasional Simón Bolívar.

Ia mengatakan bahwa seandainya mereka tidak membuat keputusan yang benar misalnya mengenai pengawasan pertukaran/perdagangan dan modifikasi terhadap hukum Bank Sentral Venezuela (BCV)—yang mengharuskan PDSVA (perusahaan minyak negara—pentj.) mentransfer semua pendapatannya kepada BCV—maka realitas kemajuan tersebut tak mungkin terwujud.

Ia menjelaskan bahwa sekarang telah memiliki 99% kebebasan politik ketimbang tahun 1999, saat dimulainya revolusi Bolivarian.

Presiden Chávez juga mengatakan bahwa dia akan mempertahankan kebijakan enerji nasional dan ia akan mengatasi kejatuhan mendadak harga minyak, yang pada satu dekade yang lalu harganya $10 per barrel.

Ia kemudian mengumumkan persetujuannya untuk mengucurkan dana sebesar US$ 116.3 juta untuk melengkapi pembelian tahap pertama bahan makanan strategis (sembako) demi mengamankan cadangan Negara.

Kami akan melengkapai cadangan bahan makanan selama 3 bulan, dan kami akan meningkatkannya menajdi 6 bulan. Cadangan devisa yang kita miliki sekarang memberikan jaminan pada kita untuk mempertahankan impor selama setahun.

(Bolivarian News Agency)

1 comment:

MonkAre said...

It’s so nice site. We love to see more on this site. Keep on updating… MonkAreYou Bali